• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fai.umsb@gmail.com

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Launching Beasiswa Persyarikatan Peduli Pandemi untuk calon Mahasiswa Baru

HUMAS UM SUMBAR- Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Launching Program Beasiswa Persyarikatan Peduli Pandemi 02 Agustus 2021 secara daring melalui video zoom Meeting jam 14.00 WIB. Hadir dalam launching program beasiswa ini yakni Rektor UM Sumbar Dr. Riki Saputra, MA, Wakil Rektor I, II, dan III UM Sumbar, Direktur, Dekan, Wakil Dekan, Dosen, Karyawan dan Mahasiswa UM Sumbar, kemudian Calon Mahasiswa Baru yang tertarik dengan program beasiswa yang dilaunching oleh UM Sumbar.

Situasi pandemi Covid-19 yang dihadapi Indonesia menimbulkan efek yang beragam dari berbagai sektor kehidupan. Sektor ekonomi mendapat efek yang dinilai cukup besar dampaknya terhadap kehidupan masyarakat. Hal ini juga berimbas ke dunia pendidikan dimana banyak calon generasi penerus bangsa yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena ekonomi dari orang tuanya tidak menyanggupi untuk pembayaran perkuliahan.  Banyak calon generasi bagsa yang harus mengubur impiannya melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi dikarenakan siatuasi pandemi yang dihadapi.

Melihat hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang berkomitmen untuk menjadi perguruan tinggi yang memiliki Social Profit dan bukan Profit oriented  memberikan beasiswa khusus kepada calon mahasiswa baru baik yang berasal dari keluarga Muhammadiyah atau yang bersifat umum untuk dapat melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Karena UM Sumbar berkeinginan semua masyarakat dapat mengenyam bangku perkuliahan. Beasiswa ini diberi nama Beasiswa Persyarikatan Peduli Pandemi.

Rektor UM Sumbar dalam sambutannya menyatakan bahwa program beasiswa ini diberikan mengingat kondisi pandemi yang dari hari ke hari menunjukkan kurva yang tidak melandai namun terus meningkat. Salah satu bentuk kepedulian dari UM Sumbar terhadap kondisi pandemi yang berdampak serius pada semua sektor kehidupan  adalah dengan memberikan beasiswa sehingga generasi muda yang terdampak masih tetap dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kita akan selau berupaya untuk mencarikan jalan alternatif yang bersifat konstruktif dan bermakna solutif terhadap keadaan yang dialami pada saat sekarang ini, salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada generasi muda untuk melanjutkan pendidikan”, ujar beliau

Beasiswa ini akan dibuka dari tanggal 02 Agustus hingga tanggal 18 September dengan beberapa kriteria yang  harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa ini. Beasiswa ini berupa pembebasan uang SPP selama 8 semester dengan kuota 500 orang untuk 20 prodi yang dibuka di UM Sumbar.

Besar harapan dengan adanya program beasiswa ini dapat membantu generasi bangsa menggapai  impian untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk info lebih lanjut mengenai proedur beasiswa dan persyaratannya dapat dilihat pada website pmb.umsb.ac.id