• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fai.umsb@gmail.com

Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Laksanakan Sosialisasi Sekaligus Praktek Menentukan Arah Kiblat di Masjid Raya Sumatera Barat

FAI UM SUMBAR- Jumat 28 Mei 2021, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat lakukan sosialisasi dan praktek menetukan arah kiblat dari salah satu masjid terbesar di Sumaterra Barat. kegiatan ini bertepatan dengan momen matahari diatas ka’bah.

kegiatan ini juga menjadi kegiatan tridharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa dilingkungan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Kegiatan dimulai dengan Sholat Ashar Berjamaah  yang  kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi kepada seluruh jamaah oleh Bapak Firdaus, M.H.I selaku  Dosen Ilmu Falak sekaligus Dekan Fakultas Agama Islam UM Sumbar.

 Setelah dilakukan sosialisasi seterusnya para dosen dan mahasiswa  melakukan praktek  dibeberapa titik dalam masjid yang sebelumnya telah dibagi dalam beberapa kelompok kecil  dan berbaur dengan jamaah yang ada dimasjid tersebut dengan menggunakan media kompas karena pada saat itu cuaca tidak mendukung untuk melakukan praktek di lapangan masjid.

Dari hasil laporan beberapa kelompok yang telah melakukan praktek tersebut dapat disimpulkan bahwa posisi arah kiblat Masjid Raya Sumatera Barat telah sesuai dengan ketentuan arah kiblat untuk kota Padang dan ini merupakan hal yang bagus karena selama ini umat islam yang beribadah di masjid tersebut sudah menghadap ke arah kiblat yang benar.