• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fai.umsb@gmail.com

Mahasiswa FAI UMSB sukses menentukan Arah Kiblat dengan momen matahari atas Ka'bah

andi irawan

[HUMAS-UMSB] Apresiasi yang tinggi diberikan kepada mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Prodi Hukum Keluarga Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sukses menentukan Arah Kiblat dengan momen matahari atas Ka'bah. Pada Hari Rabu, (27/5/2020).

Andi Irawan, sekaligus ketua BEM FAI UMSB sukses menentukan Arah Kiblat dengan momen matahari atas Ka'bah. Pada Hari Rabu, (27/5/2020). Andi Irawan mengatakan, Mengingat pentingnya arah Kiblat bagi kaum muslimin, Lembaga Kajian Ilmu Falak atau Astronomi Hukum Keluarga Fakultas Agama Islam UMSB kembali mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana cara menentukan arah kiblat dengan momen matahari atas Ka'bah.

“Mengetahui arah kiblat menjadi hal yang penting bagi umat muslim untuk menentukan ke mana arah menghadap saat beribadah. Untuk diketahui, arah kiblat yang menjadi acuan umat muslim untuk menghadap saat beribadah adalah arah letak Ka'bah berada. Sementara di Indonesia sendiri, tidak sedikit yang memperbincangkan tentang arah kiblat yang telah bergeser dari sebelum-sebelumnya”. Katakan Andi.

Apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa Fakultas Agama Islam (FAI) Prodi Hukum Keluarga Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) sukses menentukan Arah Kiblat dengan momen matahari atas Kakbah

Menurut Dekan Fakultas Agama Islam UMSB H. Firdaus, M.HI,. mengatakan, bagi kaum muslimin, dapat menentukan arah kiblat yang benar dan tepat sangat penting karena berhubungan dengan sahnya ibadah. “Dengan menentukan arah kiblat yang akurat, kita juga bisa lebih tenang saat beribadah. Ini juga sesuai dengan syariat dan ketentuannya,” ungkapnya.

Masih menurut H. Firdaus, M.HI, menentukan arah kiblat tidak boleh sembarangan. Ada cara dan ketentuan yang harus diperhatikan. Tidak semua orang mempunyai keterampilan memahami arah mata angin dan menentukan kiblat dengan metode jam matahari. Untuk itu dirinya berharap agar kegiatan pelatihan menentukan arah kiblat yang baik dan benar perlu disosialisasikan pada masyarakat dan para mahasiswa.

“Sukses praktek menentukan arah kiblat dengan momen matahari atas Ka'bah. Jika warga membutuhkan, Hukum Kelurga Fakultas Agama Islam UMSB siap membantu masyarakat dalam menentukan arah kiblat khususnya di Kota Padang ini”. Pungkas Dekan FAI UMSB.