• Jln. Pasir Kandang No 4, Koto Tangah Kota Padang

  • Telp.0823-8618-0930

  • Email fai.umsb@gmail.com

AIK 4 FAI UMSB Gelar BAKSOS ke-2

Foto Bersama Bapak Wali Nagari Kasang

AIK 4 FAI UMSB Gelar BAKSOS ke-2
Padang. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat adalah salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia yang bergerak dalam rangka Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam dan aplikasi nilai-nilai kemuhammadiyahan.
Untuk mendalami nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan, Perguruan Tinggi Muhammadiyah mengemasnya dalam sebuah mata kuliah yang disebut dengan AIK (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) baik teoritis dan Praktis. Dalam rangka menjalankan agenda rutin tahunan AIK tersebut, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (FAI UMSB) menggelar BAKSOS AIK (Bakti Sosial Al-Islam dan Kemuhammadiyahan) tahap kedua. menyelenggarakan Baksos sebagai bentuk praktek dan peduli masyarakat. Acara Baksos AIK FAI tahap kedua ini terselenggarakan bermula dari kelanjutan program Baksos tahun sebelumnya yang dimotori oleh Ismail Syakban, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah AIK FAI. Tujuan utama acara ini adalah mengajak mahasiswa peduli lingkungan, peduli masyarakat yang membutuhkan, sebagai bentuk perhatian Perguruan Tinggi Muhammadiyah terhadap masyarakat dan sebagai bahan praktek AIK Dekan FAI UMSB Firdaus, S.H.I., M.H mengatakan bahwa pihak fakultas memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan acara baksos tahap kedua ini karena itu menjadi salah satu ciri khas FAI yang memang bergerak untuk meningkatkan nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan kepada mahasiswa. “kita sangat mendukung dan membantu kegiatan ini, karena memang itulah cakupan FAI ini. Selain itu juga dapat menjadi bahan dan kesempatan untuk memperkenalkan FAI UMSB ke masyarakat luas. Semoga baksos tahap kedua ini dapat memberikan kepuasan sepenuhnya kepada masyarakat” sambutnya
Dosen Pengampu Mata kuliah AIK FAI UMSB Ismail Syakban, M.Pd.I mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan Jum’at 03 Mei 2019 di Kenagarian Kasang, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Ini merupakan program praktek lanjutan dari program tahun sebelumnya yang dilakukan atas nama Mata Kuliah AIK. “program ini dapat terlaksana berkat kerjasama Mata kuliah AIK dengan pihak Fakultas. Melalui program ini kami mengajak mahasiswa untuk meningkatkan jiwa kepedulian terhadap masyarakat sekitar.” Pungkasnya.
Wali Nagari Kasang Daman Huri menyambut baik program baksos ini. Menjadi kesenangan dan kebanggaan tersendiri bagi warga Kasang karena menjadi sasaran program baksos FAI UMSB tahap kedua ini. “Warga sangat berterimakasih atas semua program ini. Bantuan ini sangat memberikan manfaat bagi warga kami. Apalagi saat ini kita berada pada pintu Ramadhan, jadi semua barang dan sembako yang diberikan dapat dimanfaatkan selama Ramadhan nantinya” tambahannya.
Selama acara berlangsung, pelaksana membagi-bagikan barang berupa pakaian layak pakai, gula, minyak goreng, ember, tudung nasi, sapu dll kepada 15 KK (Kepala Keluarga) yang ada di lokasi. Pemberian ini mendapatkan sambutan yang hangat dari penerima baksos ini. Diantara KK yang menerima baksos ini adalah keluarga Yulheldi Sungai Pinang, Keluarga Yusmarni Sungai Pinang, Keluarga Rita Kr Koto, Keluarga Sutiyem Kr Kasai, Keluarga Zainab Kr Bintuga, Elvinda Kr Kasai, Ermanida Sungai Pinang, Yunilar Sungai Pinang, Pitrawati Jambak, Nursida Jambak, Si Er Kr Kasai, Fatmawati Caniago, Mustika Yulia Duku, Fitri Yeti Sikumbang dan Keluarga Animar Kr Guci [HUMAS-FAI]